5 Program Sertifikasi Digital Marketing yang Wajib Dicoba

Sertifikasi Digital Marketing

5 Program Sertifikasi Digital Marketing yang Wajib Dicoba – Di masa sekarang, sertifikasi digital marketing sedang ramai diburu terutama oleh kalangan digital marketer. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan dan institusi yang memerlukan seorang digital marketer expert agar dapat mempercepat proses transformasi digital untuk perusahaan ataupun usahanya masing-masing. Di era teknologi yang terus berkembang seperti sekarang, memang banyak perusahaan menerapkan digital marketing.

Sayangnya belum semua perusahaan yang mampu menerapkan dan terkadang gagal ketika menggunakan digital marketing. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya keahlian karyawan dalam dunia digital marketing. Selain itu, penerapan digital marketing juga selalu berbeda-beda dan flexibel tergantung pada jenis usahanya. Oleh sebab itulah, perusahaan mencari kandidat yang telah memiliki skill dan sertifikasi digital marketing mumpuni.

Apa Itu Program Sertifikasi Digital Marketing?

Sertifikasi Digital Marketing

Sebagai informasi, sertifikasi digital marketing adalah sebuah sertifikasi yang disediakan oleh badan resmi tertentu. Badan yang menyelenggarakan program tersebut adalah lembaga sertifikasi profesi yang berguna untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan seseorang dalam dunia digital marketing. Sertifikasi ini menjadi cara agar dapat memverifikasi kompetensi individu atas kemampuan yang berhubungan dengan digital marketing.

Nantinya sertifikasi digital marketing diberikan sebuah lembaga kepada para pesreta yangs udah berhasil menyelesaikan ujian atau course yang diberikan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memutuskan untuk berkarir di dunia digital marketing, wajib memiliki sertifikasi tersebut. Apalagi, program sertifikasi seperti ini menawarkan jalur yang lebih fleksibel dan terjangkau agar bisa masuk ke dunia digital marketing.

Dengan sertifikasi digital marketing yang sudah didapatkan, maka bisa digunakan oleh semua digital marketer agar dapat menambah value, membedakan dirinya dengan pelamar lain, sekaligus meningkatkan peluang dilirik oleh recruiter. Bukan itu saja, sertifikasi seperti ini juga mampu meningkatkan keterampilan serta kemampuan dalam dunia digital marketing yang dimiliki oleh Anda sebagai calon digital marketer.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan dan Gaji Digital Marketing Pemula Sampai Profesional

Jenis Sertifikasi Digital Marketing yang Bisa Diikuti

Sertifikasi Digital Marketing

Merupakan sebuah langkah yang cerdas jika Anda mempertimbangkan berkarir di dunia digital marketing. Apabila Anda tengah mempertimbangkan hal tersebut, maka sertifikasi digital marketing bisa sangat membantu. Tetapi, saat ini banyak sekali program pemasaran digital yang layak untuk dipertimbangkan. Bagi Anda yang tertarik mengasah kemampuan, berikut ada beberapa sertifikasi yang layak dicoba.

1.      Google Ads Certification

Program sertifikasi digital marketing yang bisa Anda pilih pertama ada Google Ads Certification. Sebagai informasi, ini merupakan akreditasi profesional yang ditawarkan resmi oleh Google untuk orang yang menunjukkan kemahiran terutama dalam aspek dasar maupun lanjutan Google Ads. Sertifikasi tersebut bisa menunjukkan bahwa Google secara resmi mengakui Anda sebagai seorang ahli dalam periklanan secara online.

2.      YouTube Certified

Berikutnya dalam program sertifikasi digital marketing yang bisa Anda coba adalah YouTube Certified. Perlu diketahui, YouTube Certified merupakan serangkaian kursus yang dirancang agar bisa membantu para kreator serta mitra yang memenuhi syarat memakai sistem serta alat YouTube. Kursus satu ini berfokus terhadap konsep seperti manajemen serta analisis tingkat lanjut. Kursus tersebut juga mengajari Anda cara untuk membuat konten menarik.

3.      Facebook Certified Planning Professional

Anda juga bisa mengikuti program sertifikasi digital marketing resmi dari Facebook yang bernama Facebook Certified Planning Profesional. Sertifikasi ini cocok bagi Anda yang berkecimpung di dunia media sosial seperti Facebook. Adapun ini merupakan sebuah sertifikat yang diberikan untuk digital marketer profesional I yang ahli dalam perencanaan campaign periklanan Facebook.

Sertifikasi Digital Marketing

4.      Google Analytics Individual Qualification

Banyak orang menyarankan untuk mengikuti program sertifikasi digital marketing dari Google lainnya yang bernama Google Analytics Individual Qualification. Program tersebut mencakup konsep universal analytics dari dasar sampai lanjutan. Hal ini mencakup perencanaan, implementasi, konfigurasi, administrasi, dan masih banyak lagi. Sebelum ikut serta, Anda perlu mempelajari materi yang disediakan dalam kursus Google Analytics.

5.     Sertifikasi Digital Marketing – BNSP

Terakhir ada program sertifikasi digital marketing BNSP yang sudah bekerja sama dengan LSP Digital. Program tersebut sudah diakui oleh negara secara resmi. Anda bisa mengikuti sertifikasi satu ini dengan membayar biaya Rp 1 juta nantinya mendapat 10 unit kompetensi.

Itulah beberapa sertifikasi digital marketing yang recommended untuk Anda coba ikuti. Pahami tentang digital marketing lebih dalam agar Anda memiliki kemampuan mumpuni menjadi seorang digital marketer.