5 Langkah-Langkah Menulis yang Baik untuk Hasilkan Karya Berkualitas

Langkah-Langkah Menulis yang Baik

5 Langkah-Langkah Menulis yang Baik untuk Hasilkan Karya Berkualitas – Berikut ini ada pembahasan tentang langkah-langkah menulis yang baik dan bisa Anda tiru dengan mudah. Menulis adalah sebuah proses kreatif yang perlu dilakukan dengan penuh keyakinan serta motivasi. Siapa saja bisa menulis, namun belum tentu semua orang mampu menulis dengan baik. Oleh karenanya, setiap penulis wajib mengetahui tata cara menulis yang baik serta benar supaya hasil tulisannya berkualitas serta bisa diterima.

Lantaran menulis termasuk sebuah proses kreatif, dalam menjalankan proses penulisan, seorang penulis harus mengalami suatu proses atau langkah-langkah menulis yang baik dan dengan sadar dilakukannya. Dengan begitu, hasil tulisan yang Anda ciptakan juga mempunyai tujuan jelas. Dalam menulis, tentu ada beberapa kesulitan yang ditemui oleh penulis, terutama kalangan penulis pemula dan belum pernah menulis sebelumnya.

Bagaimana Langkah-Langkah Menulis yang Baik?

Sebagai informasi, langkah-langkah menulis yang baik terdiri dari membuat beberapa langkah penulisan. Semua langkah tersebut harus secara sadar dilakukan dan ditaati. Tentu saja semua langkahnya tidak hanya terbatas menulis menggunakan komputer, namun menulis dengan tangan sekalipun juga perlu mengaplikasikan langkah-langkah menulis tersebut secara seksama supaya hasilnya berkualitas.

Lantas apa saja langkah-langkah menulis yang baik dan perlu Anda lakukan? Informasi selengkapnya bisa disimak berikut ini.

1.      Persiapan

Langkah-Langkah Menulis yang Baik

Pertama dalam langkah-langkah menulis yang baik adalah persiapan. Sama seperti melakukan kegiatan lain, menulis juga membutuhkan persiapan. Adapun persiapan yang matang dan tepat perlu dilakukan supaya mencapai tujuan yang diinginkan penulis. Tahapan persiapan tersebut juga sama pentingnya dengan proses menulis itu sendiri. Dalam persiapan, para penulis harus menetapkan sejumlah hal.

Pertama yaitu menetapkan tujuan dari tulisan, mengidentifikasi pembaca, dan terakhir yakni menentukan batasan tulisan tersebut. Menetapkan beberapa tahap dalam langkah-langkah menulis yang baik ini bertujuan untuk menentukan bagaimana penulis menginginkan para pembaca serta melakukan hal apa saja setelah ia membaca tulisannya masing-masing.

2.      Penelitian

Langkah-langkah menulis yang baik berikutnya yaitu melakukan penelitian. Setelah didapatkan tujuan dari penulisan dalam proses persiapan, maka penulis dapat melakukan penelitian serta berangakt dari batasan yangs udah ditentukan di tahap tersebut. Pada dasarnya, proses menulis adalah tahap menjelaskan sebuah hal yang terjadi dan biasanya sesuatu tidak instan.

Oleh karenanya, para penulis harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi subjek penulisannya. Pahami terlebih dulu subjeknya lalu susun seperangkat catatan ketika melakukan penelitian secara utuh. Langkah-langkah menulis yang baik berikutnya yaitu, penulis perlu membuat kerangka dari catatan yang sudah dibuat dan umumnya berisi tentang tiga sumber informasi utama.

3.      Pengorganisasian

Langkah-Langkah Menulis yang Baik

Ketiga dalam langkah-langkah menulis yang baik yaitu pengorganisasian. Ini termasuk langkah yang tidak kalah penting, lantaran bahan-bahan yang sudah dikumpulkan selama penelitian tak mudah dipahami pembaca. Pada akhirnya, penulis perlu melakukan pengorganisasian supaya tulisan menjadi lebih efektif, baik secara proses atau hasilnya. Tahapan ini menentukan urutan gagasan yang perlu dihadirkan.

Pada langkah-langkah menulis yang baik ini, penulis juga perlu membuat kerangka penulisan. Biasanya kerangka penulisan tersebut memuat subjek yang rumit atau luas menjadi lebih mudah dengan cara memecah menjadi sejumlah bagian yang bisa menentukan mengalirnya tulisan dari satu ide ke ide lainnya. Di dalam kerangka tulisan, penulis dapat menekankan tentang poin-poin kunci tulisan serta menempatkannya di bagian demi bagian.

4.      Penulisan Draf

Sesudah melakukan langkah-langkah menulis yang baik di atas, berikutnya penulis bisa menulis draf tulisan. Adapun menulis draf tersebut bisa berangkat dari bagaimana penulis telah menentukan target pembaca, tujuan, dan batasan tulisan yang telah dilakukan dalam tahap persiapan. Bukan itu saja, penulis juga bisa mengambil ataupun memilih metode pengembangan sekaligus membuat kerangka tulisan yang lebih jelas.

5.      Revisi

Langkah-Langkah Menulis yang Baik

Terakhir dalam langkah-langkah menulis yang baik yaitu melakukan revisi. Jangan melakukan revisi tulisan secara sederhana apapun ketika menulis. Hal itu justru merusak atau memecah konsentrasi menulis. Harap ikuti semua langkah-langkah menulis yang sudah disebutkan sampai tahap revisi.

Baca Juga:

4 Tips Membuat dan Contoh Copywriting FB Ads

Itulah beberapa langkah-langkah menulis yang baik dan bisa Anda pahami serta terapkan. Dengan informasi tersebut, Anda tak perlu khawatir saat menulis sebab tulisannya bisa menghadirkan kualitas tinggi.