Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya

Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya yang Mudah Ditemukan di Indonesia – Iklan adalah salah satu hal yang kerap dijumpai di sekitar Anda. Bukan tanpa sebab, iklan adalah pemasaran yang berkaitan dengan sebuah bisnis dan produk. Ada banyak sekali fungsi dari iklan yang terpajang di beberapa tempat. Bahkan ada jenis-jenis iklan dan contohnya tersendiri yang berbeda-beda. Bagi Anda yang tertarik membuat atau tengah memerlukan iklan, wajib simak informasinya terlebih dahulu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, iklan merupakan bentuk promosi sebuah produk atau bisnis dan biasanya terpasang di beberapa tempat ataupun media tertentu. Masyarakat pastinya sudah kerap melihat jenis-jenis iklan dan contohnya yang terpasang di bermacam media seperti televisi, radio, sampai sosial media sekalipun. Untuk pembahasan jenis iklan dan contoh selengkapnya bisa langsung Anda simak sebagai berikut.

Apa Saja Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya yang Ada di Sekitar?

Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya

Sebagai informasi, iklan mempunyai tujuan untuk menarik minat banyak orang atau audiens untuk membeli produk maupun memakai jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Kehadiran iklan menjadi peranan penting demi mengembangkan perusahaan. Sebab sebaik apapun produk atau layanan yang dimiliki sebuah bisnis, percuma kalau tak ada orang mengetahuinya.

Oleh sebab itu, setiap bisnis perlu menjalankan promosi dalam bentuk iklan yang ada dalam jenis-jenis iklan dan contohnya tersendiri. Berikut ini ada beberapa jenis iklan dan contohnya yang dibedakan menurut isinya:

1.      Iklan Layanan Masyarakat

Pertama dalam jenis-jenis iklan dan contohnya yaitu iklan layanan masyarakat. Seperti namanya, variasi iklan satu ini berupa layanan himbauan kepada masyarakat yang berasal dari sebuah komunitas, lembaga, sampai instansi resmi pemerintah. Iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan edukasi terkait sebuah hal. Contoh dari iklan layanan masyarakat yaitu iklan patuh pajak, iklan terkait bahaya narkoba, dan masih banyak lagi.

2.      Iklan Permintaan

Untuk jenis-jenis iklan dan contohnya berikutnya yaitu iklan permintaan. Biasanya pembuatan iklan tersebut dilakukan atas permintaan pribadi ataupun instansi yang ingin informasinya diketahui oleh orang banyak. Contoh iklan permintaan yaitu iklan lowongan pekerjaan. Biasanya iklan tersebut banyak ditemukan di tempat-tempat khusus seperti koran, website, ataupun sosial media.

3.      Iklan Penawaran

Jika berbicara tentang jenis-jenis iklan dan contohnya, maka iklan penawaran termasuk di dalamnya. Jenis iklan penawaran mempunyai tujuan untuk menawarkan sebuah produk atau layanan kepada masyarakat supaya tertarik untuk membeli atau memakainya. Sebagai contoh, ada iklan produk seperti sepatu, tas, baju, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk contoh berbentuk jasa bisa berupa jasa konsultasi, aplikasi, layanan pesan antar makan, dan lainnya.

4.      Pengumuman

Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya

Selanjutnya dalam jenis-jenis iklan dan contohnya yaitu iklan pengumuman. Sesuai dengan namanya, iklan satu ini mengumumkan ataupun berisi sebuah himbauan yang sifatnya mengajak orang-orang datang ke sebuah acara. Sebagai contoh, iklan pengumuman berupa iklan konser, iklan lomba, dan masih banyak lagi yang disiarkan secara komersil serta bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Selain berdasarkan isi, ada juga jenis-jenis iklan yang dibedakan berdasarkan medianya. Untuk jenis-jenis iklan tersebut antara lain:

1.      Iklan Media Cetak

Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya

Pertama dalam jenis-jenis iklan dan contohnya berdasarkan media yaitu iklan media cetak. Iklan media cetak dibuat dengan cara mencetak iklan lalu membagikannya ke masyarakat atau siapa saja yang menjadi target pasar. Contoh dari iklan media cetak bisa ditemukan dengan mudah seperti selebaran, poster, atau pamflet yang di dalamnya berisi informasi sebuah jasa maupun produk dari perusahaan.

2.      Iklan Elektronik

Terakhir ada iklan elektronik yaitu jenis iklan yang penayangannya dilakukan melalui media elektronik seperti televisi yang berfokus kepada video dan audio. Contoh dari iklan elektronik juga bisa Anda temukan di radio yang biasanya berfokus pada audio atau suara. Isi dari iklan mempromosikan atau menginformasikan sebuah produk maupun layanan.

Baca Juga:

5 Program Sertifikasi Digital Marketing yang Wajib Dicoba

Itulah informasi jenis-jenis iklan dan contohnya yang bisa Anda temukan dengan mudah di tempat-tempat sekitar. Anda bisa memahami informasi tersebut agar lebih mudah menentukan jenis iklan apa yang tepat untuk usaha ataupun jasa suatu perusahaan.