5 Jenis Pekerjaan dan Gaji Digital Marketing Pemula Sampai Profesional

Gaji Digital Marketing Pemula

5 Jenis Pekerjaan dan Gaji Digital Marketing Pemula Sampai Profesional – Digital marketing menjadi salah satu profesi yang ramai diperbincangkan oleh banyak orang terutama para pencari kerja. Pasalnya kerap kali beredar informasi yang menyebut bahwa penghasilan dari seorang digital marketer cukup besar. Lantas tahukah Anda perkiraan gaji digital marketing pemula? Satu hal yang pasti, penghasilan dari profesi tersebut rupanya cukup menarik bagi banyak orang.

Sebagai informasi, besaran gaji digital marketing pemula biasanya tergantung dari jenis pekerjaannya. Di sisi lain, banyak orang yang menganggap profesi sebagai digital marketing cukup menjanjikan. Pasalnya, profesi digital marketing tengah populer dan menawarkan jenjang karir yang tergolong menjanjikan untuk beberapa tahun mendatang. Bagi Anda yang penasaran dengan gaji seorang digital marketing pemula bisa simak informasinya di sini.

Berapa Gaji Digital Marketing Pemula?

Gaji Digital Marketing Pemula

Sebelum mengulik lebih dalam tentang gaji digital marketing pemula, tidak ada salahnya Anda memahami peranan dari pekerjaan tersebut. Pada dasarnya, seorang digital marketer bekerja pada ranah pemasaran lewat media internet. Tanggung jawab orang yang berprofesi sebagai digital marketing pun sangatlah luas. Pasalnya ia perlu melakukan riset target market, merancang konten marketing, analisa ads campaign, optimasi website, dan masih banyak lagi.

Dari itulah, Anda bisa membayangkan bahwa keberadaan seorang digital marketing begitu vital terutama dalam upaya memasarkan suatu produk ataupun jasa. Dengan digital marketing, maka kegiatan pemasaran bisa lebih tepat sasaran, efektif, dan pastinya cepat. Hal ini jelas jauh lebih menguntungkan dibandingkan hanya mengandalkan pemasaran secara konvensional. Tak heran jika gaji digital marketing pemula juga membuat banyak orang merasa penasaran.

Baca Juga: Cara Monetisasi di Tiktok dan 8 Jenis Monetisasinya

Salary Digital Marketing Berdasarkan Jenis Pekerjaannya

Gaji Digital Marketing Pemula

Sebagai informasi, rata-rata gaji digital marketing pemula berada di kisaran Rp 5 juta sampai Rp 6 juta. Angka tersebut memang biasanya berlaku untuk pemula. Namun tetap saja besaran gajinya tergantung berdasarkan kebijakan perusahaan, jenis pekerjaannya, dan UMR daerah perusahaan tersebut. Di bawah ini ada informasi lebih lanjut tentang estimasi gaji seorang digital marketer pemula berdasarkan masing-masing jenis pekerjaannya.

1.      Gaji Content Strategist

Gaji digital marketing pemula untuk jenis pekerjaan content strategist biasanya di kisaran Rp 5 juta sampai Rp 6 juta per satu bulannya. Umumnya angka gaji tersebut juga tetap menyesuaikan besaran UMR di setiap daerah perusahaan. Sekedar informasi, tugas dari seorang content strategis yaitu membuat ide konten atau draft yang sudah disesuaikan oleh target market perusahaannya.

2.      SEO Specialist

Jenis pekerjaan berikutnya ada SEO Specialist yang bertanggung jawab untuk mengoptimasi website sehingga masuk di halaman pertama mesin pencari. Dengan begitu, calon konsumen maupun pelanggan tetap sekaligus bisa mudah menemukannya. Bisa dibilang, SEO Specialist memiliki peranan penting dalam digital marketing. Adapun gaji digital marketing pemula untuk jenis pekerjaan tersebut mulai dari Rp 7 sampai Rp juta rupiah.

3.      E-commerce Specialist

Gaji Digital Marketing Pemula

Pekerjaan dari seorang e-commerce specialist yang utama yaitu membuat konten. Adapun konten yang dibuat harus sesuai berdasarkan target market. Ruang lingkup dari profesi tersebut lebih luas, mencakup area website, marketplace, email marketing, dan masih banyak lagi. Untuk besaran gaji digital marketing pemula berada di kisaran Rp 6 juta. Semakin banyak pengalaman kerjanya, maka gaji profesi tersebut bisa naik sampai Rp 8 juta.

4.      Social Media Manager

Selain gaji digital marketing pemula, tidak ada salahnya untuk mengetahui besaran gaji digital marketing senior level. Profesi social manager bertanggung jawab terhadap rencana marketing yang nantinya tampil di bermacam sosial media.. Memang social media manager termasuk dalam senior level, namun tak menutup kemungkinan untuk seorang fresh graduate. Gaji untuk social media manager yakni Rp 10 hingga Rp 12 juta per bulannya.

5.      Content Marketing Manager

Jenis pekerjaan berikutnya juga masuk ke senior level yang bertanggung jawab terhadap seluruh proses pemasaran dari bermacam chanel, baik website, media sosial, iklan, dan e-commerce. Lantaran tugasnya mengawasi semua kegiatan konten pada digital marketing, gajinya tergolong besar, mulai dari Rp 11 sampai Rp 13 juta.

Itulah informasi tentang jenis pekerjaan dan besaran gaji digital marketing pemula sampai profesional sekalipun. Anda sebaiknya mendalami pekerjaan tersebut semaksimal mungkin agar bisa mendapat penghasilan besar.