5 Bootcamp Digital Marketing yang Cocok untuk Pemula Sekalipun

Bootcamp Digital Marketing

5 Bootcamp Digital Marketing yang Cocok untuk Pemula Sekalipun – Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah bootcamp digital marketing? Sesuai dengan namanya, istilah tersebut berhubungan erat dengan dunia digital marketing. Memang belajar digital marketing sejatinya begitu bermanfaat untuk pengembangan dalam diri, terutama karir Anda. Mengingat zaman sekarang, cukup banyak perusahaan yang memerlukan sumber daya seorang digital marketer.

Biasanya profesi digital marketer diperlukan demi memenuhi kebutuhan pemasaran produksi. Hal tersebut jelas berkaitan dengan keberlangsungan sebuah perusahaan dalam menjalankan lini bisnisnya. Dengan adanya digital marketing, pemasaran bisa berjalan lebih lancar dan berpeluang besar mendapatkan profit maksimal. Disinilah rupanya peranan keberadaan bootcamp digital marketing sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Peranan Bootcamp Digital Marketing untuk Membentuk Digital Marketer

Bootcamp Digital Marketing

Berkat perkembangan teknologi, bidang profesi digital marketer sangat menarik untuk dipelajari. Walaupun Anda tidak mengenyam pendidikan di bidang tersebut, rupanya masih bisa mengikuti bootcamp digital marketing untuk menjadi seorang digital marketer. Lantas apa sebenarnya bootcamp pemasaran digital tersebut? Sebab siapa saja bisa ikut serta dalam program tersebut meskipun masih baru terjun ke dunia digital marketing.

Pada prinsipnya, bootcamp digital marketing adalah sebuah kursus digital marketing yang bisa mengasah sekaligus mempertajam kemampuan seseorang sebagai bekal menjadi digital marketer. Seluruh pengetahuan yang ada, bisa didapatkan oleh peserta dalam sejumlah sesi bersama dengan tambahan praktik secara langsung. Sesudah menyelesaikan program bootcamp, biasanya peserta akan mendapat sertifikasi yang berguna ketika bekerja nanti.

Sebagian besar bootcamp digital marketing bersifat online dan begitu fleksibel. Oleh sebab itulah, peserta yang ikut serta dalam program tersebut sangat beragam. Pesertanya bisa mulai dari pekerja lepas, karyawan tetap, sampai mahasiswa sekalipun. Banyak sekali keunggulan bagi orang yang ikut serta program bootcamp pemasaran digital, mulai dari biayanya terjangkau, ada sertifikasi, pengisi waktu luang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan dan Gaji Digital Marketing Pemula Sampai Profesional

Bootcamp Digital Marketing

Setelah mengetahui tentang bootcamp digital marketing di atas, apakah Anda mulai tertarik ikut serta dalam kursus tersebut? Apabila iya, silahkan simak beberapa rekomendasi bootcamp pemasaran digital di bawah ini sebagai referensi dan pertimbangan tempat belajar nantinya.

1.      Wordstream PPC University

Rekomendasi bootcamp digital marketing yang bisa Anda coba pertama ada Wordstream PPC University. Sebagai informasi, Wordstream adalah platform online advertising yang turut menyediakan kursus bernama PPC University. Di sini, para peserta bisa belajar tentang PPC atau Pay Per Click. Selain itu, kursus tersebut juga menyediakan pembelajaran tentang digital marketing secara penuh.

2.      SEMRUSH Academy

Semrush adalah salah satu tools yang kerap diandalkan oleh digital marketer untuk riset kata kunci, menganalisa kompetitor, hingga bermacam keperluan tentang digital marketing. Karena itulah, fokus dari bootcamp digital marketing SEMRUSH Academy berfokus terhadap fitur-fitur di platform itu sendiri. Walaupun begitu, modul pembelajaran yang disediakan sudah cukup lengkap dan bisa menambah pengetahuan terkait tren perkembangan digital.

3.      Google Analytics Academy

Google Analytics merupakan salah satu tools penting untuk menarik data-data demi pengembangan bisnis. Oleh karena itu, seorang digital marketer ada baiknya juga mempelajari Google Analytics lebih mendalam. Google pun menyediakan bootcamp digital marketing lewat program bernama Google Analytics Academy. Di dalamnya tersedia pembelajaran untuk orang-orang dengan bermacam-macam level dari pemula sampai pengguna aktif sekalipun.

4.      Social Media Quickstarter

Salah satu pemanfaatan program digital marketing yang cukup ampuh bisa melalui sosial media. Oleh sebab itu, Social Media Quickstarter bisa menjadi pilihan bootcamp digital marketing jika Anda tertarik untuk mengulik sosial media yang diperuntukkan sebagai media pemasaran produk. Materi yang tersedia di kursus digital marketing tersebut juga sangat murah dipahami oleh para pemula sekalipun.

Bootcamp Digital Marketing

5.      Fullstack Digital Marketing

Ada juga program bootcamp digital marketing yang bisa Anda coba bernama Fullstack Digital Marketing. Bootcamp tersebut sangatlah ramah untuk kalangan pemula dalam mengasah kemampuan digital marketing lewat real case. Dengan durasi belajar mulai dari 7 sampai 8 minggu, Anda bisa mendapat pendalaman tentang digital marketing melalui teori dan praktik sekalipun.

Itulah rekomendasi program bootcamp digital marketing yang bisa Anda coba langsung. Melalui program kursus digital marketing yang ada di Indonesia, Anda bisa lebih mudah menjadi seorang digital marketer.